Siswa SMA dan SLTP pagi pada UAN ya?? Uhuy.. mayan jalanan jadi lancar. Bisa dibilang mereka sudah
hampir selesai menghadapi perang hidup dan matinya, lulus atau tidak.
Beruntungnyaa saya dulu ketika masih SMP ato SMA belum ada sistem nilai
minimal sekian untuk bisa merebut gelar LULUS. Dan dulu mata pelajaran yang
diujikan juga tidak hanya 3 seperti sekarang.
Kalo di tanya sebagian siswa-siswa sekarang, apa mata pelajaran yang
menjadi momok mereka, pasti deh sebagian besar dari mereka menjawab MATEMATIKA. Saya juga termasuk anak yang gak bisa pinter dalam pelajaran eksak, hee.. Entah itu matematika, kimia atau fisika. Tapi... ada satu mata
pelajaran yang buener buener saya takuti
jaman SMP dulu, bukan karena pelajarannya, tapi karena gurunya. Bahasa
Inggris, adalah sesuatu yang paling saya takutkan saat itu.
Sebenarnya dari saya SD dulu,
Bapak sudah mendorong saya untuk belajar bahasa inggris. Beliau membelikan
banyak buku buku inggris baik yang lokal ato import. Tapi mungkin karena kurang
pendampingan (Bapak bertugas di Jakarta dan hanya sebulan sekali pulang), jadi
akhirnya saya pun males-malesan buka buku-buku itu. Begitu masuk SMP, benar saja, saya pecicilan sendiri mengikuti teks teks di
LKS bahasa inggris. Saya di rumah tinggal bersama ibu, adik saya dan om (adik
dari ibu saya yang paling bontot yang sedang kuliah). Ibu yang seorang guru SD
dan (hanya) lulusan SPG tidak banyak menguasai kosakata ataupun grammar bahasa
inggris. Untungnya masih ada om saya, jadi waktu kelas I saya masih bisa
mengikuti pelajaran bahasa inggris. Tapi itu hanya berlangsung sebentar, tahun
berikutnya om saya menikah dan out dari rumah ibu.
Naek ke kelas II, “hantu” itupun
hadir, huaaaa.. Pelajaran Bahasa Inggris saat itu di ampu oleh
guru yang bernama... Emmm… sebut saja Bapak Budi. Mayan ganteng
orangnya, tapiiiiii killernya.. MasyaAllaah. Awal-awal pertemuan,
siswa di minta membuat kolom yang isinya V1, V2 dan V3. Jadi misal Bring,
Brough, Brought. Semua kosakata dari A sampe Z, baik itu yang transitif atopun yang
intransitive. Siswa dminta dibuat di
lembar folio dan setiap pertemuan akan ditanya satu satu oleh Pak Budi.
Misal “COME, coba kamu Andre”, harus dijawab “Come, Came, Come”. Begitu... trs
sampe 1 jam pelajaran selesai. Nah, 1 jam pelajaran berikutnya baru membahas
LKS ato buku. Terus, setiap siswa yang gak
bisa jawab langsung di cubiiiiiitttttttttt sampe item, Ya Allah.. bener
bener kejaaamm!! Tapi herannya dulu gak ada tuh yang berani protes, at least
bicara ke ortunya dan ortunya lapor ke kepala sekolah, tapi itu gak pernah
terjadi (heran!!).
Saya termasuk yang sangat sangat
keteteran mengikuti pola ajar seperti itu, mana saya orangnya gak bisa di
kasari, pasti langsung pengen nangis, takut, mules, kringet dingin, gak ada konsen konsennya
kalo pola ajarnya seperti itu. Parahnya lagi, Pak Budi ini mengelompokkan murid-muridnya ke level BODOH, MAYAN
PINTER dan PINTER. Jadi satu kelas kan ada 4 baris deretan kursi tuh. Deretan pertama
dari pojok kanan diisi murid-murid yang bodoh, deretan kedua dan ketiga diisi
dengan murid-murid yang mayan pinter, dan deretan terakhir diisi murid-murid
yang pinter. Semua siswa bisa berpindah pindah seiring dengan kepandaiannya.
Jadi misal Ani bisa “naek kelas” jadi murid bodoh ke murid “mayan pinter”.
Saya??? Heeeee. saya tentu saja ada dilevel murid bodoh. Entahlah, saya gak
bisa menganalisis apakah pola ajar apalan, hukuman fisik dan pengkotak kotakan seperti itu efektif
atau tidak bagi murid. Tapi bagi saya, setiap ketemu pelajaran Bahasa Inggris,
pagi harinya saya sudah mules, keluar kringet dingin, deg degan gak karuan,
bener-bener sangat menyiksa. Pernah beliau melempar pertanyaan, nah biasanya
kan beliau pake jurus cubit sampe item tuh. Entah syetan apa yang sedang
merasukinya, tau sulak kan?kemoceng…….
Dia cabut semua bulu bulunya, tinggal
batangnya saja, lalu beliau sabet anak-anak yang gak bisa jawab pertanyaan. Sangarrrrrr………….!!
Tau kamusnya John M. Echols?? Tebellllllll!!.
Nah pinggiran kamusnya itu juga pernah jadi alat untuk nuthuki kepala siswa-siswa yang gak bisa jawab pertanyaan. Jangan Tanya
saya udah dapat hukuman apa, hampir semua hukuman pernah saya
alami. Yang paling bikin geger adalah, saat saya gak bisa jawab pertanyaan,
saya disuruh keluar. Tapi entah karena apa saya gak mau keluar kelas. Akhirnya
pak Budi marah, dan ngancem “kalo kamu gak mau keluar, saya yang keluar kelas,
saya gak akan ngajar lagi”. Ih, terserah sonoooooo… Bener, pak Budi
langsung keluar. Huaaaa.. langsung geger ples ruameee satu kelas. Si ketua
kelas langsung nyuruh saya untuk nyusul pak Budi ke ruang guru. Ih, tak usah lha
yaaw.. gengsi donkkk…… Pas bel tanda jam pelajaran pertama selesai, uthuk uthuk uthuk, pak Budi kembali ke
kelas, huahahha.. emang enaaaakkk.. nganggur nganggur di
ruang kantor selama 90 menit(satu jam pelajaran 45 menit). Tapi saya harus
menelan pil pahit selama hidup saya. Dari catur wulan I, II dan III ,
nilai 5 terus nangkring di rapot saya dengan beraninya (kan warnanya merah). YUP,
saya terancam gak naek kelas!!! Huaaaaaa >.< Tapi mungkin
Allah mendengar doa orang-orang yang teraniyaya, saya tetep bisa naek
kelas,horeeeeee
Naek ke kelas III, guru saya pun
ganti. Kali ini seorang ibu, bu Endang namanya. Orangnya alusss banget, saya
mulai mengejar keteterannya saya dalam hal apalan vocab dan grammar. Ada rasa dendam dan benci setengah mati
terhadap pak Budi. Dalam konteks apapun, dendam tidak bisa dibenarkan. Tapi entah
mungkin saat itu saya sedang mengalami jiwa muda saya yang masih meluap-luap,
saya bertekad, kelak saya akan pinter bahasa inggris!! Tekad itu yang saya bawa
sampe saya masuk ke SMA. Begitu jadi anak putih abu-abu, saya udah diijinkan
bawa motor,aseeekk. Dengan motor, mobilitas saya jadi makin gampang. Akhirnya
kelas II SMA saya daftar ke LB-LIA (sekarang STB-LIA). Disekolah saya termasuk
murid yang pinter pelajaran bahasa inggris. Dan prestasi itu mengantarkan saya
ke perolehan NEM tertinggi nomer 2 paralel satu SMA. Dari enam mata pelajaran
yang di EBTANASkan, bahasa inggris lah yang bisa saya raih dengan nilai
tertinggi, 8,5. Uuuuuhh… rasanya.. saat itu saya pingin pamer ke pak Budi!!
Lulus kuliah saya ingin lanjut
kuliah Pasca Sarjana ke Universitas Indonesia, tapi TOEFL harus minimal 550.
Saya pun pergi ke kampung bahasa inggris Pare Kediri. Ya… walaupun disana
disambi dengan ngeceng-ngecengin gebetan, disambi sama dolan-dolan, maen
klayapan sampe Malang, tapi 4 bulan disana saya bisa mengantongi skor TOEFL
529. Oke, sedikit lagi, semangadddttttt!!! Sisa waktu sebelum hari tes masuk
tiba, saya belajar dan belajar, semua saya apalin. Dan.. YESS!!! Tahun 2008
saya bisa masuk Magister UI Salemba. Padahal banyak temen-temen yang harus
berkali kali ikut tes dan baru bisa masuk. Tapi saya diberi kemudahan seperti
itu. Bener-bener saat itu saya penginnnn… ketemu saya pak Budi, guru killer saya
waktu SMP itu. Niihh… pak Budi......, anak didikmu yang sampeyan anggap bodoh, sekarang bisa membobol skor
TOEFL, huehehehehehehhehehe….
Jalan hidup memang tidak bisa
ditebak. Ditengah saya kuliah di UI, ternyata saya diterima PNS di KPU
Pusat. Dengan alasan kesibukan Pilpeg dan Pilpres saya mengajukan cuti kuliah
selama setahun. Tapi ternyata ditengah-tengah saya cuti, saya mendapat berkah
lagi. Saya dilamar oleh seorang lelaki. Istilah Jawa “gething nyanding” ternyata berlaku buat saya. Entah ada korelasinya antara kebencian saya dengan sosok guru bahasa inggris saya pak Budi
itu atau tidak, ternyata Allah memberikan saya jodoh guru bahasa inggris
juga, huahaha.. Suami saya, yang saya panggil Mas Ahsan,
adalah guru saya waktu saya belajar di kampung bahasa inggris Pare. Pada akhirnya kuliah Magister saya gak tutuk alias gak saya terusin, hihihihi (tutup muka). Dengan berbagai alasan, karena hamil, karena pulang dari kampus jam 9 malam tiap hari, karena suami jauh di Kediri, dan laen laen, akhirnya saya membuat surat pengunduran diri ke UI, hiks. Tapi gak papa......baru 1 semester iniiihh.(elap airmata).
Ahhh.... betapaa......relatifnya angka. Buat sebagian orang, angka 5 dalam rapot adalah hal yang sangat
sangat memalukan dan kalo perlu tidak perlu di ingat ingat lagi. Tapi bagi
saya, angka 5 justru menjadi pelecut semangat saya meraih level yang lebih
tinggi dari sebelumnya. Angka 5 itu tidak akan saya “sembunyikan”, tidak pula
saya tutup-tutupi, justru itu adalah titik NOL kilometer bagi saya. Bukankah pencapaian
yang sempurna PASTI dimulai dari titik 0?? Dan sekarang, saya tidak mau berhenti
belajar, saya ingat betul, saya pasti nangis senguk senguk kalo dapat PR bahasa
inggris karena ibu saya tidak bisa mengajarinya. Saya tidak mau itu terjadi
pada anak-anak saya. Walaupun ayahnya juga pinter bahasa inggris, tapi saya
juga gak mau kalah donkkk. Ahh.. pak Budi… I MISS U paaaakkkk..
3 komentar:
errrrrrrr
errrrrrrr
Posting Komentar