5 untuk Bahasa Inggrisku







Siswa SMA dan SLTP pagi pada UAN ya?? Uhuy.. mayan jalanan jadi lancar. Bisa dibilang mereka sudah hampir selesai menghadapi perang hidup dan matinya, lulus atau tidak. Beruntungnyaa saya dulu ketika masih SMP ato SMA belum ada sistem nilai minimal sekian untuk bisa merebut gelar LULUS. Dan dulu mata pelajaran yang diujikan juga tidak hanya 3 seperti sekarang.  Kalo di tanya sebagian siswa-siswa sekarang, apa mata pelajaran yang menjadi momok mereka, pasti deh sebagian besar dari mereka menjawab MATEMATIKA. Saya juga termasuk anak yang gak bisa pinter dalam pelajaran eksak, hee.. Entah itu matematika, kimia atau fisika. Tapi... ada satu mata pelajaran yang buener buener saya takuti  jaman SMP dulu, bukan karena pelajarannya, tapi karena gurunya. Bahasa Inggris, adalah sesuatu yang paling saya takutkan saat itu.

Sebenarnya dari saya SD dulu, Bapak sudah mendorong saya untuk belajar bahasa inggris. Beliau membelikan banyak buku buku inggris baik yang lokal ato import. Tapi mungkin karena kurang pendampingan (Bapak bertugas di Jakarta dan hanya sebulan sekali pulang), jadi akhirnya saya pun males-malesan buka buku-buku itu. Begitu masuk SMP, benar saja, saya pecicilan sendiri mengikuti teks teks di LKS bahasa inggris. Saya di rumah tinggal bersama ibu, adik saya dan om (adik dari ibu saya yang paling bontot yang sedang kuliah). Ibu yang seorang guru SD dan (hanya) lulusan SPG tidak banyak menguasai kosakata ataupun grammar bahasa inggris. Untungnya masih ada om saya, jadi waktu kelas I saya masih bisa mengikuti pelajaran bahasa inggris. Tapi itu hanya berlangsung sebentar, tahun berikutnya om saya menikah dan out dari rumah ibu.

Naek ke kelas II, “hantu” itupun hadir, huaaaa..  Pelajaran Bahasa Inggris saat itu di ampu oleh guru yang bernama... Emmm… sebut saja Bapak Budi. Mayan ganteng orangnya, tapiiiiii killernya.. MasyaAllaah. Awal-awal pertemuan, siswa di minta membuat kolom yang isinya V1, V2 dan V3. Jadi misal Bring, Brough, Brought. Semua kosakata dari A sampe Z, baik itu yang transitif atopun yang intransitive.  Siswa dminta dibuat di lembar folio dan setiap pertemuan akan ditanya satu satu oleh Pak Budi. Misal “COME, coba kamu Andre”, harus dijawab “Come, Came, Come”. Begitu... trs sampe 1 jam pelajaran selesai. Nah, 1 jam pelajaran berikutnya baru membahas LKS  ato buku. Terus, setiap siswa yang gak bisa jawab langsung di cubiiiiiitttttttttt sampe item, Ya Allah.. bener bener kejaaamm!! Tapi herannya dulu gak ada tuh yang berani protes, at least bicara ke ortunya dan ortunya lapor ke kepala sekolah, tapi itu gak pernah terjadi (heran!!).

Saya termasuk yang sangat sangat keteteran mengikuti pola ajar seperti itu, mana saya orangnya gak bisa di kasari, pasti langsung pengen nangis, takut, mules, kringet dingin, gak ada konsen konsennya kalo pola ajarnya seperti itu. Parahnya lagi, Pak Budi ini mengelompokkan murid-muridnya ke level BODOH, MAYAN PINTER dan PINTER. Jadi satu kelas kan ada 4 baris deretan kursi tuh. Deretan pertama dari pojok kanan diisi murid-murid yang bodoh, deretan kedua dan ketiga diisi dengan murid-murid yang mayan pinter, dan deretan terakhir diisi murid-murid yang pinter. Semua siswa bisa berpindah pindah seiring dengan kepandaiannya. Jadi misal Ani bisa “naek kelas” jadi murid bodoh ke murid “mayan pinter”. Saya??? Heeeee. saya tentu saja ada dilevel murid bodoh. Entahlah, saya gak bisa menganalisis apakah pola ajar apalan, hukuman fisik dan pengkotak kotakan seperti itu efektif atau tidak bagi murid. Tapi bagi saya, setiap ketemu pelajaran Bahasa Inggris, pagi harinya saya sudah mules, keluar kringet dingin, deg degan gak karuan, bener-bener sangat menyiksa. Pernah beliau melempar pertanyaan, nah biasanya kan beliau pake jurus cubit sampe item tuh. Entah syetan apa yang sedang merasukinya, tau sulak kan?kemoceng……. Dia cabut semua bulu bulunya,  tinggal batangnya saja, lalu beliau sabet anak-anak yang gak bisa jawab pertanyaan. Sangarrrrrr………….!! Tau kamusnya John M. Echols?? Tebellllllll!!. Nah pinggiran kamusnya itu juga pernah jadi alat untuk nuthuki kepala siswa-siswa yang gak bisa jawab pertanyaan. Jangan Tanya saya udah dapat hukuman apa, hampir semua hukuman pernah saya alami. Yang paling bikin geger adalah, saat saya gak bisa jawab pertanyaan, saya disuruh keluar. Tapi entah karena apa saya gak mau keluar kelas. Akhirnya pak Budi marah, dan ngancem “kalo kamu gak mau keluar, saya yang keluar kelas, saya gak akan ngajar lagi”. Ih, terserah sonoooooo… Bener, pak Budi langsung keluar. Huaaaa.. langsung geger ples ruameee satu kelas. Si ketua kelas langsung nyuruh saya untuk nyusul pak Budi ke ruang guru. Ih, tak usah lha yaaw.. gengsi donkkk…… Pas bel tanda jam pelajaran pertama selesai, uthuk uthuk uthuk, pak Budi kembali ke kelas, huahahha.. emang enaaaakkk.. nganggur nganggur di ruang kantor selama 90 menit(satu jam pelajaran 45 menit). Tapi saya harus menelan pil pahit selama hidup saya. Dari catur wulan I, II dan III , nilai 5 terus nangkring di rapot saya dengan beraninya (kan warnanya merah). YUP, saya terancam gak naek kelas!!! Huaaaaaa >.< Tapi mungkin Allah mendengar doa orang-orang yang teraniyaya, saya tetep bisa naek kelas,horeeeeee

Naek ke kelas III, guru saya pun ganti. Kali ini seorang ibu, bu Endang namanya. Orangnya alusss banget, saya mulai mengejar keteterannya saya dalam hal apalan vocab dan grammar.  Ada rasa dendam dan benci setengah mati terhadap pak Budi. Dalam konteks apapun, dendam tidak bisa dibenarkan. Tapi entah mungkin saat itu saya sedang mengalami jiwa muda saya yang masih meluap-luap, saya bertekad, kelak saya akan pinter bahasa inggris!! Tekad itu yang saya bawa sampe saya masuk ke SMA. Begitu jadi anak putih abu-abu, saya udah diijinkan bawa motor,aseeekk. Dengan motor, mobilitas saya jadi makin gampang. Akhirnya kelas II SMA saya daftar ke LB-LIA (sekarang STB-LIA). Disekolah saya termasuk murid yang pinter pelajaran bahasa inggris. Dan prestasi itu mengantarkan saya ke perolehan NEM tertinggi nomer 2 paralel satu SMA. Dari enam mata pelajaran yang di EBTANASkan, bahasa inggris lah yang bisa saya raih dengan nilai tertinggi, 8,5. Uuuuuhh… rasanya.. saat itu saya pingin pamer ke pak Budi!!

Lulus kuliah saya ingin lanjut kuliah Pasca Sarjana ke Universitas Indonesia, tapi TOEFL harus minimal 550. Saya pun pergi ke kampung bahasa inggris Pare Kediri. Ya… walaupun disana disambi dengan ngeceng-ngecengin gebetan, disambi sama dolan-dolan, maen klayapan sampe Malang, tapi 4 bulan disana saya bisa mengantongi skor TOEFL 529. Oke, sedikit lagi, semangadddttttt!!! Sisa waktu sebelum hari tes masuk tiba, saya belajar dan belajar, semua saya apalin. Dan.. YESS!!! Tahun 2008 saya bisa masuk Magister UI Salemba. Padahal banyak temen-temen yang harus berkali kali ikut tes dan baru bisa masuk. Tapi saya diberi kemudahan seperti itu. Bener-bener saat itu saya penginnnn… ketemu saya pak Budi, guru killer saya waktu SMP itu. Niihh… pak Budi......, anak didikmu yang sampeyan anggap bodoh, sekarang bisa membobol skor TOEFL, huehehehehehehhehehe….

Jalan hidup memang tidak bisa ditebak. Ditengah saya kuliah di UI, ternyata saya diterima PNS di KPU Pusat. Dengan alasan kesibukan Pilpeg dan Pilpres saya mengajukan cuti kuliah selama setahun. Tapi ternyata ditengah-tengah saya cuti, saya mendapat berkah lagi. Saya dilamar oleh seorang lelaki. Istilah Jawa “gething nyanding” ternyata berlaku buat saya.  Entah ada korelasinya antara kebencian saya  dengan sosok guru bahasa inggris saya pak Budi itu atau tidak, ternyata Allah memberikan saya jodoh guru bahasa inggris juga, huahaha.. Suami saya, yang saya panggil Mas Ahsan, adalah guru saya waktu saya belajar di kampung bahasa inggris Pare. Pada akhirnya kuliah Magister saya gak tutuk alias gak saya terusin, hihihihi (tutup muka). Dengan berbagai alasan, karena hamil, karena pulang dari kampus jam 9 malam tiap hari, karena suami jauh di Kediri, dan laen laen, akhirnya saya membuat surat pengunduran diri ke UI, hiks. Tapi gak papa......baru 1 semester iniiihh.(elap airmata).

Ahhh.... betapaa......relatifnya angka. Buat sebagian orang, angka 5 dalam rapot adalah hal yang sangat sangat memalukan dan kalo perlu tidak perlu di ingat ingat lagi. Tapi bagi saya, angka 5 justru menjadi pelecut semangat saya meraih level yang lebih tinggi dari sebelumnya. Angka 5 itu tidak akan saya “sembunyikan”, tidak pula saya tutup-tutupi, justru itu adalah titik NOL kilometer bagi saya. Bukankah pencapaian yang sempurna PASTI dimulai dari titik 0?? Dan sekarang, saya tidak mau berhenti belajar, saya ingat betul, saya pasti nangis senguk senguk kalo dapat PR bahasa inggris karena ibu saya tidak bisa mengajarinya. Saya tidak mau itu terjadi pada anak-anak saya. Walaupun ayahnya juga pinter bahasa inggris, tapi saya juga gak mau kalah donkkk. Ahh.. pak Budi… I MISS U paaaakkkk..




3 komentar:

bundaika mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
bundaika mengatakan...

errrrrrrr

bundaika mengatakan...

errrrrrrr

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates