Deportasi Qeyla






Konon, katanya, bayi ASI itu punya bonding (ikatan batin) yang kuat dengan ibunya. Pernyataan seperti ini sering saya baca di jurnal-jurnal atau tulisan-tulisan tentang manfaat ASI dari segi ibu dan anak. Karena itulah, dari Qeyla lahir saya selalu menjaga perasaan saya supaya tetap tenang dan senang jika dihadapannya, apalagi saat menyusui. Indahnya menyusui tak terpelakkan lagi. Saya sampe sekarang masih menjalin komunikasi dengan Qey saat menyusuinya.

Dulu, saya dan suami masih LDR, saya di Jakarta sedangkan Mas Ahsan di Kediri. Yang namanya jauh dari suami itu sedih ya bo’…. Untungnya saya masih tinggal dengan orangtua, jadi masih ada patner. Sedih, kangen, marah, itu pasti terjadi antara saya dan Mas Ahsan. Tapi ya itu, demi menjaga ketenangan my baby, saya gak pernah menunjukkan di depan Qey, apalagi saat menyusui. Takutnya, my baby ngrasain apa yang sedang saya rasakan, jadinya malah dia ikut gelisah. Hanya senyum senyum dan senyum, itu yang saya lakukan.

Nah dua minggu kemaren hati saya sedang gundah gulana, sebenernya masalahnya sepele, tapi bingung karena gak punya solusi. Jadi liburan sekolah besok itu Bapak, Ibu dan adek saya mau holiday ke luar negeri selama 10 hari. Praktis tinggal saya, Qey dan si embak yang jadi penunggu rumah, Mas Ahsan kan kerja di Bandung, pulangnya tiap Jumat sore dan balik Senin subuh. Masalahnya, si embak ini baru 2 minggu masuk kerja, embak yang dulu minta pulang karena sakit. Si Devi ini baru umur 15 tahun, belum punya pengalaman kerja sama sekali, belum ndolor kalo orang Jawa bilang. Belum tau tanggung jawabnya apa, apa-apa musti nunggu perintah. Kapan Qey minum ASIP, kapan makan buah, kapan harus tidur, kapan harus makan, semuaa….musti nunggu teriakan saya. Hhh…..seandainya ada yang lebih bagus, udah saya pulangin deh tuh si embak ke Demak sana. Sekarang cari pembantu susahnya minta ampun, apalagi mau lebaran gini. Udah syukur banget dapat orang yang mau di ajak ke Jakarta, tapi ya itu…dapetnya yang ala kadarnya, sak dapetnya.

“ Qeyla kalo pagi gimana Yah? Masak ditinggal berdua aja sama si Devi? Dari pagi sampe sore gitu? Gak tega!! Belum bisa dia orangnya Yah…. Belum ngerti tanggung jawab”.
“Ya udah dibawa ke kantor aja tiap hari”.
“Kasihan lah…capek…  Perjalanan ke kantor itu 1,5jam Yah….” *udah mangkel*

Bingung, sampe akhirnya Mbah Uyutnya Qeyla ngasih solusi.
“Udah, genduk di titipin sini aja (Demak), tak momong disini, ntar Jum’at kamu sama nak Ahsan jemput Qeyla lagi ke Demak”.
Deportasi. Yup, itu solusi yang sedang Mbah Uyut tawarkan. Qey seminggu sementara di titip di Mbah Uyut. Namanya di desa..semua sodara ngumpul di satu desa.
“Disana kan ada bulek Septi, ada Bulek Is, ada Bude Um, banyak yang bisa momong pokoknya”. Kata Mbah Uyut.
“Ntar disana dikasih susu kaleng saja”, lanjut beliau
What??!! Gue capek-capek kerja cuman buat beli susu yang minim gizi dan harganya maharani macem begituan?? NO WAY!!

“Ya udah coba ntar telpon Ibu Sragen (ibu mertua)”, kata Mas Ahsan.
“Kalo Ibu kesini, ntar Mbah Uyut Sragen siapa yang njaga Mas….kan udah gak bisa masak sendiri”.
Hadduuhh… bingung, gak nemu solusi juga.
Semingguan saya resah, apa-apa gak fokus, termasuk kala menyusui Qeyla.
“Kak, ntar kalo Kakak dibawa ke Demak mau gak? Bunda kok masih gak rela ya Kak…. Bunda sedih kalo ninggalin Kakak seminggu disana”.
Entahlah, semua hal-hal yang dulu saya praktekkan agar tetap menjaga perasaan Qey amblas begitu saja begitu dengar kata deportasi. Paling lama saya ninggalin Qey untuk dinas hanya 3 hari, lha ini kok mau 7 hari, apa jadinya saya?? Kalo udah 3 tahun sih gak papa kali ya, masalahnya Qey masih nenen aka menyusui.

Hari-hari selanjutnya pun masih sama, saya masih nggresah sama Qey. Sampai akhirnya saya menemukan kejanggalan dari diri Qey. Malam-malam selanjutnya Qey gak pernah tidur nyenyak, selalu mengigau, macem-macem ngigaunya.
“Bunda…jangan…jangan…”
“Tolong…..gak mau Bunda…”
“Sini…sini aja…”
Siapa yang gak shock coba tengah malam Qey teriak-teriak gitu?? Yang biasanya bangun dengan tenang sambil bilang “Bunda..mau nenen” dan terlelap lagi sambil saya susuin, ini kok teriak-teriak??
Pun ketika sedang menyusui, dia selalu menepuk-nepuk dada saya, seakan-akan menenangkan hati saya. Insting saya sebagai seorang Ibu pun mulai berjalan, pasti Qey merasa gak nyaman dengan “stress” yang saya alami.

Akhirnya dengan negoisasi Mas Ahsan, Ibu mertua bisa nemenin saya di Jakarta selama seminggu. Mbah Uyut dipasrahkan sama Bapak dan bude di deket rumah. Ohh…leganyaa…
Saya pun tak lupa meminta maaf kepada Qey sudah membuat dia merasa tidak nyaman selama beberapa hari. Saya usap-usap kepalanya sambil saya jelaskan semuanya. And it works!! Tidurnya nyaman kembali, gak ngompol lagi dikasur kalo malam, bangun tengah malam cuman buat minta mimik aer gelas (air putih maksudnya, Qey nyebutnya aer gelas), kadang minta nenen.

Dari situ saya belajar, menjadi orangtua adalah hal yang menyenangkan jika kita tahu bagaimana mengelola emosi saat berinteraksi dengan anak. Saya harus mulai melatih diri agar menjadi pribadi yang tidak mudah stress dan belajar menikmati saat mengasuh anak. Sering menghadirkan senyum dengan tulus ke anak, harus berpikir jernih, bukan mendahulukan bingung, hee.. , dan tak lupa selalu bekerja sama dengan pasangan aka Mas Ahsan.



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates