Biar Jauh tapi Dekat di Hati




Hari kamis kemarin saya meninggalkan Qey (26m) untuk dinas ke Kepulauan Riau. Ini mungkin sudah dinas ke sekian kalinya meninggalkan Qey 2 malam, mau gak mau, karena tugas Negara *eaaaa…….*

Dulu ketika Qey belum lepas dari ASI, tiap kali saya akan berangkat dinas, saya selalu tempel tuh kertas di kulkas yang isinya jadwal jam berapa aja ASInya Qey turun dari freezer, supaya gak ada yang terbuang sia-sia. Ya iyalah….bisa nangis saya kalo sampe ngebuang ASIP dari botol :( Dan dinas yang kemarin itu adalah dinas pertama kalinya saya gak bawa peralatan memerah ASI. Biasanya bawa plastic ASIP, bawa pompa, bawa sikat dan sabun cuci botol, ples… yang berat-berain tas, bawa cooler box dan blue icenya.

Mulai dari Qey mengenal makanan (6bulan), setiap saya berangkat dinas, semua sudah saya siapkan. Gak ada makanan instan food dalam kamus nya Qey*tsaahh... *. Ketika masih makan pure, saya tinggal nyetok di freezer pake baby cubes. Pas makan nasi tim, saya tinggal bikin beef gravy untuk dicampurkan di slow cooker bersama nasi tim yang sudah matang. Ketika sudah makan nasi lembek dan sudah makan nasi biasa, makin gampang nyiapinnya. Intinya : gak usah dibikin ribet maaaakkkk.................

Seperti kemaren, sebelum berangkat, apa-apa sudah saya siapkan, supaya gak merepotkan Ibu saya dan meringankan tugas si embak. Termasuk soal makan. Yup, walaupun bundanya “ngilang” selama 3 hari, tidak mengurangi niatan saya untuk tetap memasakkan Qey dengan balutan cinta*tsaaahh… ngemeng apeee… ini*. Maksudnya, tetap, menu saya yang atur, bukan lantas karena saya gak dirumah Qey makan apa kadarnya yang dimakan orang rumah. Sebenernya gak papa juga sih, toh dirumah juga gak pernah masak pake MSG. Masalahnya orang rumah itu gak bisa makan kalo gak pedes :x udah gitu Qey kan maemnya belum se asin masakan orang rumah, masih lebih “light” gitu… karena dikasih garam seumpit sampe sekarang Qey masih doyan-doyan aja ;) Saya gak mau, dengan alasan “gak ada lauk yang gak pedes buat Qey” terus dikasih telor ceplok aja lah pake kecap, hihihii.. Lagian Ibu saya udah saya titipin Qey masak iya masih saya repotkan dengan yang lain. Ibu kan jam 7 musti berangkat ngajar ke sekolah, udah ditunggu murid-muridnya kelas 1 SD di pagar sekolahan :D

Jadi.. sehari sebelum saya berangkat dinas, saya biasanya ijin gak masuk, hahahahahha… jangan ditiru yak. Itung-itung membayar “utang” saya  karena gak bisa nemenin Qey 3 hari kedepan. Selagi Qey bobok siang dan ketika malam Qey udah bobok, mulailah saya beraksi mempersiapkan ina itu untuk keperluan Qey selama saya tinggal dinas.

Menu andalan Qey ketika saya tinggal dinas adalah menu yang simple, karena kan judulnya gak mau tambah merepotkan Ibu yang sudah saya titipin Qey. Pagi menu andalannya adalah bihun goreng. Kemaren di rumah ada stok bihun jagung, bihun cassava dan mie sawi hijau, bisa di selang-seling selama 2 hari itu. Sayurannya sudah saya cuci, potong-potong, dan saya masukkan ke plastic klip per sekali masak. Saya pake wortel serut dan tomat. Saya juga udah biasa menyetok bawang putih yang sudah saya haluskan, saya masukkan ke tempat tertutup. Jadi kalo pagi Ibu kan gampang tuh, tinggal nyeduh bihun dan wortel, terus tumis bawang putih, orek-orek telur, masukin bihun, sayuran-sayuran, sedikit kecap manis, garam seimprit, terakhir seledri, beres!! Gak ada 10 menit udah jadi sarapannya Qey. 



Habis itu Ibu masak buat menu maksi makso nya Qey. Menu andalannya ketika saya tinggal dinas adalah sup sayuran dan nugget, heee…. Tinggal goreng. Eh eh eh eh… nuggetnya homemade yah. Makanya sehari sebelum saya berangkat dinas saya bikin nugget dulu, kadang chicken strips, kadang nugget tahu daging, nah yang kemaren saya bikinin shrimp and chicken roll. 

Sayur udah saya potong-potong, kemaren pake kembang kol, kacang kapri dan daun bawang. Kaldu udah saya siapkan di freezer. Ngomong-ngomong soal kaldu, as I said before, punya slow cooker gak ada ruginyeee….  :-)  Tiap weekend saya pake untuk bikin kaldu dan di stok di freezer, di simpen pake baby cubes. Bisa buat bikin telur bacem, kacang ijo, setup kacang merah, aah… banyak. Kali ini saya nyetok kaldu iga sapi. Ibu tinggal tumis bawang putih yang sudah saya siapkan, masukin kaldu yang sudah cair, masukin sayur-sayuran, tambahin garam, merica dan pala seumprit, beres!. Lauknya tinggal goreng itu shrimp and chicken rollnya, kalo masih sempet pas mau makan siang/ sore Ibu bisa gorengin tempe. Tempe guleeengg…. Kesukaannya Qey…. Heee… :-) Gak bagus yah makan goreng-gorengan gitu? Tenang.. sesekali aja kok, teruatama kalo pas saya tinggal dinas sajah.


Buat cemilannya, kalo saya tinggal dinas, andalannya adalah puding. Gampang, sehat dan simple. Kemarin saya buatkan puding strawberry lapis susu, sayang… gak sempat saya foto…  :( Buahnya? Hooo… dirumah always ada buah, macem-macem buah malah. Pas saya mau berangkat kemaren, saya cek kulkas ada melon, mangga, dan sisa strawberry. Semua Qey doyaann…. :-)

Jadi begini menunya Qey ketika saya tinggal dinas.
Kamis, saya berangkat pesawat jam 9 pagi. Sebelum berangkat saya masak dulu untuk hari itu. Paginya yang gampang nasi goreng ayam tomat, siang-sore bikinin soto ikan dori (pake brokoli dan labu kuning) ples tempe yang tinggal goreng aja. Camilannya bolu singkong coklat (bikin sendiri yah, bukan beli), buahnya, lagi-lagi gampang… ada banyak dirumah, tinggal kupas aja kalo Qey bangun tidur. 
Note : Qey gak begitu suka dengan cemilan biskuit ataupun roti-rotian, dari kecil gak saya biasakan soalnya :) Alasan saya gak bisa baking bisa saya siasati dengan beli biskuit-biskuit homemade via onlen. Tapi ada 5 kali pesen, mau itu Gluten Free, mau itu biskuit sagu, biskuit Oat, teteepp.. paling 3-4 keping dimakan, habis itu udah, sisanya buat maenan masak-masakan :@ Tapi kalo dikasih ketela rebus, jagung rebus, kacang rebus, singkong rebus/ goreng, pisang rebus, langsung mangap!! :D Ahh... bahagianyaaa.... U save my money Qey.....

Untuk hari Jum’at dan Sabtu, selama saya dinas, menu sarapan bihun goreng telur, makan siang/ sore sup sayuran dan shrimp and chicken roll, camilannya puding strawberry lapis susu, buahnya ada 3 macem dikulkas. 

Note : Qey lepas dari ASI (2 tahun) gak minum susu ya boebooo.. jadi gak ada menu mik susu disini, baik itu sufor ataupun susu sapi. Susu UHT low fat, yogurt, yakult dan keju hanya cemilan dia aja. Suka-suka dia mau minta atau enggak, saya gak mengharuskannya. Kadang kalo pas saya buka kulkas, Qey lihat “mereka” dikulkas bilang “ kakak mau kejuuu… atau kakak mau mik yakut” dst. Ya udah saya kasih, tapi kalo gak minta ya gak pa-pa :p

Okeeeyy… itu sekedar berbagi pengamalam saya yang galau ketika meninggalkan anak ketika mau berangkat dinas. Yah… namanya juga cari rejeki mak. Oiya, plastic-plastik clip itu semua masukin dalam satu wadah Tupperware, terus masukin ke kulkas, beres. Kaldu dan shrimp roll masukin ke freezer, beres. Puding juga sama, saya bikin per cup sekali makan. Tata di Tupperware, masukin kulkas, beres. Intinya : gak ribet kan maaakkk??



Pulang hari Sabtu, penerbangan dari Batam, Alhamdulillah.. sampai rumah dengan selamat jam 3 sore. Bawa oleh-oleh buah naga merah banyaaakk…………… disana 1 kg nya Cuma 15 ribu boeboo… Widiihh.. Qey.. 5 hari besok menu buahmu makin berwarna Kak..  :-)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates