Bunda…Ayah…..bacakan aku buku…..





Kalo teringat ingat koleksi buku-buku saya dari saya SD sampe kuliah, rasanya bener-bener sakit….. hatikuu..(ta’elaaah….nyanyi buw….).  Semua buku-buku koleksi saya dan adek saya hancur terkena air rob dan banjir di rumah orangtua saya di Semarang. Rumah tersebut adalah rumah yang kami tinggali sejak saya kelas 2 SD, rumah yang menjadi saksi dimana saya menghabiskan masa-masa kecil saya sampai saya kuliah. Tahun 2006 rumah itu akhirnya tak berpenghuni. Bapak yang sudah sejak tahun 1992 di angkat dosen di Universitas Terbuka Jakarta akhirnya.. memboyong juga istrinya ke Jakarta,heeee….. Sedangkan saya dan adik saya yang saat itu masih kuliah di Universitas Diponegoro Semarang akhirnya nge-kos di daerah Pleburan. Rumah itu tidak kosong, karena semua barang-barang masih kumplit, gak ada satupun yang diboyong ke Jakarta. Karena memang rumah itu akan menjadi rumah transit kalo pas pulkam liburan ato mudik ke Semarang.

Sekitar 4 tahun yang lalu Semarang di kirimin banjir ples rob besarrrrr,  semua barang keleb. Tetangga yang dipasrahi jaga rumah gak kepikiran nylametin buku-buku, gak bisa nyalahin mereka juga sih.., karena mereka lebih mikirin naekin kulkas, naekin mesin cuci, bongkar lemari-lemari baju buat nylametin baju-baju yang ada di lemari bagian bawah.  Setelah banjir surut, baru lah tercium aroma busuk dus-dus buku yang basah kena air. Lemari buku pun gak luput dari bau busuk. Lemari buku saya terbuat dari bahan serbuk kayu (baca : Olympic), gak bisa kena air. OOOhhh……... rusaklah semuaaaaa…..  L Parahnya lagi, ketika saya akan menikah tahun 2009 silam di Semarang, rumah di renov tanpa ada Bapak disana, semua hanya lewat komando by phone dari  Jakarta, pengawasan dipasrahkan ke Pakde. Dus-dus buku yang (harusnya) masih bisa di pilih-pilih di angkut semua ke gudang RT, wes…gak ada yang kepikiran ngurusin. OOhhh…… Ikaaa…….. kenapa….. dulu waktu lulus kuliah gak kepikiran bawain buku-buku itu ke Jakarta.

Hah…sudahlah…..yang sudah ya sudah….(menghibur diri sendiri). Yuk ah, ngomongin tentang hobi membaca buku sajah. Buku, bukan barang baru buat saya. Bapak saya adalah kutu buku pertama yang saya lihat. Dirumah, seeeetiap hari kerjanya Cuma bacaaaaa thok. Koleksi buku Bapak jangan ditanya, saya juga heran apa iyaa…buku buku itu dibaca semua oleh beliau?? Selain menjadi guru dosen, Bapak juga aktif dalam organisasi Muhammadiyah. Jadi koleksi bukunya kumplit, mulai dari politik sampe Kitab tulisan Arab gundul, heee….. Ibu saya yang seorang guru, sering membawakan buku-buku dari perpustakaan SD tempat Ibu mengajar. Ibu juga sering membawa Ika kecil ke sekolahan. Gampang kalo bawa saya mah, tinggal taro di perpus, udah anteng.  Setiap weekend Bapak membawa kami ke pasar Johar Semarang, disana ada orang-orang yang jualan majalah anak-anak bekas. Ada Bobo, Ananda, Belia, apa lagi ya…..(mikir). Sekali beli langsung sepuluh, karena murah, heee…….. entah berapa waktu itu harganya.  Bapak selalu menekankan bahwa anak-anaknya harus membaca, baca apa saja yang penting tiap hari harus baca. Sampe akhirnya ketika saya kelas 4 SD, Ibu memutuskan untuk berlangganan majalah Bobo dan majalah Aku Anak Shaleh. Ibu baru memutuskan selesai berlangganan ketika saya kelas 2 SMP, itupun majalahnya udah numpuk gak karuan. Oleh Ibu mau di loakan, tapi gak boleh sama Bapak, "buku gak boleh di buang!!". Pada akhirnya majalah-majalah itu pelan-pelan lenyap dari rumah, karena setiap sepupu-sepupu yang maen kerumah, dibawain "oleh-oleh" majalah sama Ibu, hihihihihihihihi..... 

Kelas 5 SD Bapak pindah ke Jakarta, pulang ke Semarang hanya sebulan sekali. Tapi sekali pulang pasti bawa anak-anaknya jalan-jalan. Seringnya ke Matahari Johar Semarang. Anak-anaknya boleh minta baju, minta sepatu, minta rok, tapiiii harus beli buku! Itu “peraturan” Bapak yang baru. Sebulan harus baca buku minimal 2. Sejak saat itu koleksi buku saya pun dimulaaaaii……… mulai dari beli buku-buku cerita Nabi, cerita Sahabat Nabi, cerita rakyat, buku-buku cerita anak Alex Media Komputendo, Lupus kecil, buku-buku serial 5 sekawan (udah kumplit), terusssss……terkoleksi.  Sampe saya SMA, mulai melirik novel-novelnya Mira W, Sidney Sheldon, Daniel……..Daniel siapaaa…ya…lupaaa. Pokoknya setiap Bapak pulang rasanya seneng, karena di beliin buku. Tapiii ada satu “peraturan” Bapak yang gak bisa digugat dari jaman dulu kala, GAK BOLEH BELI KOMIK,weqeqeqeqeqeqeqeqe… Dan entah kenapa, pada akhirnya saya GAK BISA membaca komik, aneh kan? Saya gak ngerti dari mana harus baca, saya gak ngerti arti gambar-gambar di situ, saya gak ngerti apa jalur ceritanya walaupun udah baca sampe tuntas. Ck..ck..ck..ck… semoga bukan penyakit parah.  By the way, kalo otak bisnis saya  jalan waktu itu,  koleksi buku-buku saya dan adek saya bisa dijadikan rental kali yak, mayan kan bisa dapat tambahan uang jajan. Ikaaa…… Ikaaaa…… nyesel deh dulu gak gituu…. L

Masuk kuliah “peraturan” Bapak makin bikin saya jingkrak-jingkrak. “Kamu boleh minta uang berapapun asal itu buat beli buku”. Etttttdaaaaahhh  makin menggila lah saya.., eh bukan gila beneran, gila beli buku maksudnyaaa.  Buku-buku kuliah Alhamdulilah bisa terbeli dengan mudahnya, ditambah buku-buku novel . Ahhhh…… buku……. benar-benar sahabatkuuuu…….biarin jomblo kagak kenapeh napeh, yang penting aku punya buku weeekk…. Lulus kuliah “peraturan” itu belum berubah, dan…… puncaknya ketika saya sudah bekerja dan sekarang sudah berumahtangga pun, Bapak masih menegakkan “peraturan” itu, huahahhahaha… Tetep…..terselip rasa sungkan, rasa malu, rasa gak enak tiap mau minta uang buat beli buku ke Bapak. Bapak cuman bilang “sisihkan gajimu untuk beli buku tiap bulan….kalo butuh subsidi, misal bukunya mahal….Bapak pasti akan ngasih”. Gitu sekarang “peraturannya”, hihihihihihihihihihi. Yaaa…sekarang mah kadang-kadang kalo pokja gak turun-turun…uang makan gak keluar-keluar…padahal udah ngebet banget borong buku…ujung-ujungnya minta subsidi ke Bapak, nyahahahahahahahhaha. Jangan ditiru ya kawans. Abisnya udah jadi penyakit akut, kalo gak baca buku sebulan berasa ada yang kurang L.  Masa hamil, adalah masa-masa saya haussss….akan ilmu. Ilmu parenting, ilmu tentang mp asi, ilmu tentang ASI, semuaaa…buku saya lahap setiap hari, termasuk mulai berlangganan majalah Ayahbunda.

Sekarang saya sudah menjadi Ibu. Ibu dari seorang putri bernama Qeyla  yang sekarang usianya 20 bulan. Sejak hamil setiap malam Qey saya bacakan dongeng. Waktu itu saya beli buku 365 hari bersama Nabi Muhammad SAW. Jadi ceritanya per hari, pendek-pendek tapi penuh hikmah. Beli deh kawans. Masuk usia setahun Qey mulai saya belikan buku-buku. Pernah saya beli sepaket buku yang harganya bisa buat beli BB seri terbaru,heee… Tapi suami gak marah, asalkan benar-benar di gunakan. Dan ternyata bikin ketagihan, lagi-lagi saya pesen buku yang harganya bisa buat beli Tab seri terbaru,hihihihihihihi….  Buat saya pribadi, harga buku itu sebanding kok dengan manfaatnya kelak. Saya masih bisa ikhlas membelanjakan uang banyak dengan beli buku daripada beli gadget tercanggih sekalipun.

Usia balita (bawah lima tahun) disebut-sebut sebagai the golden age, usia keemasan seorang manusia. Dalam buku Otak Kanak-Kanak yang ditulis oleh J Madeleine Nash disebutkan, kualitas otak anak sangat ditentukan oleh tiga tahun pertama kehidupannya. Bila Ibu mengabaikan masa keemasan ini, sama artinya dengan membiarkan potensinya terbuang. Ibu yang peduli tidak akan menyia-nyiakan sel-sel otak anak yang “memohon” diberi stimulasi. Merangsang kelima panca indera merupakan cara yang disarankan para ahli. Selalu mengajak anak berbicara, mengajaknya bermain, bernyanyi, dan banyak hal yang bisa dilakukan oleh Ibu. Namun jangan lupakan aktivitas yang satu ini, membacakan buku. Kegiatan ini sesungguhnya mudah dan dapat sekaligus merangsang kelima panca indra anak. Ketika anak dibacakan buku, matanya melihat gambar dan telinganya mendengar. Tentu saja indra penglihatan dan pendengaran anak akan selalu terstimulasi. Misalnya saat Ibu membacakan buku tentang buah-buahan. Ibu dapat mengambil buah yang asli dan menjelaskan ke anak, seperti yang saya lakukan ke Qey. “Eh ini pepaya Kak…..kayak yang Kakak makan ini kan? Hmm…manis….., Bunda boleh minta? Trimakasih..”. Membacakan buku dapat meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ), dan kecerdasasan spiritual (SQ) anak. Membacakan buku akan menjadi bekal yang berharga agar anak dapat menjadi manusia yang berkualitas di kala dewasa.

Telah banyak diketahui bahwa kecerdasan emosi memegang peranan penting dalam keberhasilan seseorang. Kegiatan membaca buku sambil berada di pangkuan Ayah atau Bunda membuat anak merasa dicintai, aman dan nyaman. Buku-buku cerita tentang kelinci yang ketakutan, beruang yang marah, sedihnya anak ayam yang kehilangan induknya, dan beragam dongeng akan membuat anak dapat merasakan serta mengenal berbagai emosi. Di kehidupan nyata, anak akan menghubungkannya dengan isi cerita. Mereka akan terbantu untuk mengenali dan mengembangkan emosi dirinya. Kasus pembunuhan, kekacauan moral, tawuran, perkosaan dan beragam kekerasan kian marak kian membuat saya tratapan. Oohh…..akankah……anak saya yang terlahir fitri harus turut kehilangan hati nurani?

Membaca buku dapat menjadi solusi. Secapek apapun saya tiap malam menjelang Qey tidur saya sempatkan membaca dongeng untuknya. Mungkin hanya 10 menit setiap harinya, tapi saya yakin kelak Qey akan cinta dengan buku. Demi kecintaannya pada buku dan masa depan yang lebih baik, yuk ah luangkan waktu. Kesabaran dan usaha keras tak pernah mengenal kata sia-sia.

Sekarang, kalimatnya adalah : ….”Anakku……Yukkk….baca buku…….”






0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates