Tentang suatu hari yang bernama Ahad






Gak terasa kejadian ini sudah berlalu hampir 2 tahun yang lalu. Ah…cepat sekali waktu. Seharusnya catatan kisah ini Bunda torehkan ketika kamu lahir nak….tapi entahlah, baru kali ini Bunda (baru) bersemangat untuk menuliskannya, hee….. Kisah ini teruntuk my beloved daughter, Aqeela Nayyara Salim, buah hati kami, Ayah Ahsan dan Bunda Ika.
================================================================

HPL saya ada dua versi,  Kenapa? Karena saya tidak ingat kapan terakhir menstruasi, weqeqeqeeqeqe… Jadi critanya, pas awal kehamilan, saya periksanya di RSIA Hermina Jatinegara. Jauh ya bo’ dari Ciputat? Iyaaa…..alesannya karena deket sama kantor. Dulu…waktu saya hamil, saya dan suami masih jauh-jauhan. Saya di Jakarta, sedang suami di Kediri. Sehingga bisa dipastikan ketika  jadwal priksa saya tiba suami tidak bisa senantiasa menemani. Makanya saya memilih yang deket sama kantor saja, naek taxi Cuma 20 ribu nyampe. Waktu di Hermina, ditanya tanggal terakhir menstruasi 3 bulan terakhir, dan…saya tidak ingat!! J saya reka reka sajah, jadilah HPL saya 9 September. Ketika hamil saya makin gede, saya diminta ibu untuk pindah RS saja, takutnya kalo ada apa-apa ntar jauh jangkauannya (Ciputat – Jatinegara). Pindahlah saya ke RSIA Buah Hati Ciputat. Di USG lagi, pake 3D juga, diperkirakan bayi akan lahir 25 Agustus. Nah loh…..bener deh, beda HPLnya,hihihihi..

Jum’at, 20 Agustus 2012
Pukul 20.00
Sholat tarawih di masjid bareng Mas Ahsan. Selesai tarawih wiridan (baca al qur’an) sambil ngelus-ngelus perut.
Pukul 21.30
Tidur bareng Mas Ahsan, Gak merasakan apa-apa diperut.

Sabtu, 21 Agustus 2010
Pukul 00.00 – 02.00
Berasa ada cairan yang keluar syur syur…tapi gak deres. Ah…mungkin Cuma lendir. Bolak balik ke toilet buat pipis, sambil ngecek siapa tau keluar ketuban, tapi ternyata enggak juga. Baru tidur bentar, krasa mak syur syur lagi, ke toilet lagi, ternyata gak “banjir” juga. Akhirnya ambil wudhu dan sholat malamlah saya.

Pukul 02.30
Dalam lelap tidur kayak merasa kasur udah basah. Bangun, mencoba untuk duduk, tapi langsung sooooorrr……keluar air yang gak bisa ditahan dari celana saya. “Mas……ika keluar ketuban”.
Saat itu juga Mas Ahsan langsung loncat dari tempat tidur, lari ke lantai atas, ngetok kamar Bapak Ibu (meninggalkan saya di kamar sendiri, hadduuu…….), “Bu’….dek ika pecah ketubaannnnn….”. Dan…kehebohan pun….akhirnya terjadi…hehehehe..
Saya dituntun ibu ke toilet untuk pipis, tapi yang terjadi selama saya berjalan dari kasur ke toilet banjirrrr………..dimana-mana. Air ketuban terus mengalir tanpa bisa saya kontrol. Gak krasa mules sama sekali, hanya banjr dan banjir yang bikin saya panik. Setelah pipis, Mas Ahsan membantu mengganti baju daster saya dengan baju gamis hamil. Alhamdulilah…….semua keperluan yang akan dibawa ke RS sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, tinggal angkut doang tasnya. Dimobil sudah dipasang perlak supaya joknya gak basah. Dan…berangkatlah kami ke RSIA Buah Hati Ciputat. Selama di mobil, Bapak berkali kali bilang “seng tetek…seng kuat..seng yakin….gak usah panik, gak usah wedi..Bismillah yakin karo Allah”
Sampe RS langsung di jemput pake kursi roda, masuk UGD. Di UGD dilakukan vaginal tuse (VT) oleh suster, MasyaAllah…sakitnya… Ternyata masih bukaan dua. Lalu dipasanglah selang infus induksi untuk merangsang pembukaan.

Pukul 03.30
Ibu dan adek saya keluar cari makanan buat sahur. Sementara suami masih menunggu saya di UGD.

Pukul 05.00
Setelah sholat subuh, barulah saya dipindahkan ke ruang perawatan. Alhamdulillah masih dapat kamar kelas 1. Alasan saya memilih kelas 1 bukan untuk gaya-gayaan, tapi karena saya bertekad untuk bisa rooming-in dengan bayi saya, supaya saya bisa memberikan ASI terus setiap 2 jam sekali.
Dari pagi sampe malam tidak terjadi mules mules. Setiap 2 jam sekali suster datang untuk mengecek rekam jantung bayi, syukurlah masih normal terus. Suster juga melakukan VT kontinu per 2 jam sekali. Paling keder kalo pas lihat suster masuk sambil masukin tangannya ke glove, huaaa….langsung panik. Sakitnyaaaaa……..kalo udah dimasukin itu tangan…hiks.
Bapak, Ibu dan adek pulang ke rumah, sementara Mas Ahsan terus mendampingi saya. Masih bisa makan dengan enak, ke toilet dengan mudah, hanya perlu di tuntun setelah itu ditinggal Mas Ahsan sendiri di toilet, masih bisa tidur dengan nyaman, pokoknya masih belum ngrasain apa-apa kecuali tangannya di infuse.
Lepas maghrib, semua berbuka puasa di dalam kamar inap. Mulai lah terasa mules-mules berarti. Infus sudah diganti botol kedua.
Pukul 20.00
Masih saja pembukaan 4, Ya Allah….lama sekali…. L Makin malam mulas semakin hebat. Allahu Robbi…..Ika…..jihadnya wanita baru dimulai…baru permulaan Ika. Setiap mulas sampe pada puncaknya, saya remet tangan Mas Ahsan sambil teriak “Allahu Akbar….”. Kata orang-orang gak di induksi saja sakitnya gak ketulungan…apalagi ini di induksi sampe 2 botol infus.
Semalaman saya dan Mas Ahsan gak tidur, ditengah kantuknya dan matanya yang merah, Mas Ahsan berusaha melek demi menemani saya. Oleh suster diminta tidur dengan posisi miring ke kiri. Tapi mau miring kemanapun teteppp…sakitnya…..minta ampun. Lama-lama tangan Mas Ahsan bukan Cuma saya remet, tapi juga saya gigit ketika saya menahan rasa sakit di perut. Tengah malam akhirnya saya minta duduk saja di sofa, udah gak kuat. Eehh…..malah dimarahin sama suster, “Ibu..kalo ibu duduk makin lama pembukaanya….Ibu tidur lagi sambil miring ke kiri..”. Susterrrrrr…… kau tidak merasakan apa yang kurasakan….!! >.<

Ahad, 22 Agustus 2010
Pukul 04.00
Sudah gak bisa menahan rasa sakit yang mendera, Mas Ahsan akhirnya manggil suster untuk datang ke ruangan. Lagi-lagi suster melakukan VT, “Oo….udah bukaan 8 ini bu….”. Dan…kehebohan kedua pun terjadi, saya langsung di dorong dengan kursi roda menuju ruang bersalin. Mas Ahsan bahkan gak sempat makan sahur, tapi tetep puasa.  
Menunggu pembukaan dari pembukaan 8 hingga bukaan 10 adalah saat-saat yang teramat menyiksa. MasyaAllah…..Allahu Akbar……. Teriak-teriakan saya udah gak karuan dan gak terkendali, semua yang saya pelajari ketika saya hamil amblassss…semua. Yang saya inginkan hanya satu, ndang keluar ini bayi……L Semua nama saya teriakin, mulai “Ayaaahh……”, “Ibuuu…..”, “Bapaaakkk……”, huahahahahahaha…. Kata adek saya yang menunggu diluar, semua orang pada geleng-geleng kepala dan senyum senyum denger teriakan-teriakan saya. Adek saya Cuma tertunduk aja, takut ketahuan kalo dia adek saya, hihihihihi… “Kowe ki emang ngisin-ngisinin oqk mbak…”. Tapi rasa “aman” adek saya hanya berlangsung sebentar, dia udah ayem-ayem aja orang disekitar gak tau kalo dia adek dari pasien yang lagi teriak-teriak gak jelas itu. Lagi enak-enaknya SMSan, tiba-tiba Mas Ahsan keluar, “dek Lida, minta tolong ambilin kain ya”. Langsung lah pandangan orang-orang pada mengarah ke adek saya, “Ooo…itu yang teriak-teriak kakaknya ya mbak?”. Huahahahahaha…. Adek saya hanya nyengir sambil merem menjawabnya “Iyaa…..”, hahahahaha.. “Asyemmm….isin akuuuu……” katanya.

Lepas subuh sampe jam 07.00
Suster cuman anteng-anteng aja jawabnya tiap kali saya teriak “Suster…..saya gak kuat….mana dokternyaaa….”. Jawab suster “tenang bu……memang sakit….tapi ibu jangan mengejan ya, nanti malah robek, pembukaannya belum lengkap”. Malah suster satunya lagi jawabnya enak banget “kalo ibu gak berhenti teriak, ibu berarti milih ceacar”. Enaakkk…aja……saya tetep kekeuh sumekeh pengen lahiran normal. Akhirnyaa…..pak dokter Muchlis datang juga.. eh dokternya ganteng lhoh..mukanya kayak suaminya Bunga Citra Lestari, hihihihihi..  Dokter meminta kaki di angkat posisi (maaf) mekangkang. Mungkin.. karena terpesona dengan kecakepan si dokter saya, teori-teori yang saja dapat dari buku dan dari pelatih senam hamil pelan-pelan mulai bisa saya praktekkan, hihihi. Jangan mengejan sebelum diminta mengejan. Jangan mengangkat pantat dan pake nafas perut. Mulai dari menjambak rambut suami, menggigit tangan suami, ah… akhirnya… dengan 4 kali mengejan, tepat pukul 07.35 Alhamdulilah..si bayi yang gak mungil (karena lahir dengan BB 3,6kg) lahir dengan selamat dengan panjang 49cm. Bayi langsung ditaruh di dada untuk melakukan IMD, sementara dokter menjahit area perineum yang (terpaksa) di robek. Kata suami “Enak banget dek guntingnya, kres kres kres! kayak kain ajah”. Huaa…untung waktu itu gak ngrasain apa-apa.. >.<
Mas Ahsan juga diberi kesempatan oleh dokter untuk ikut menggunting plasenta bayi saya, Alhamdulilah.. Ketika bayi sedang IMD, mulai deh adegan romantis, weqeqeqeqe…cium peluk dan ucapan selamat, datang dari suami tercinta, “Bunda Hebat..”. Ohh…….terbayar sudah semua rasa sakit dan penderitaan selama hampir 24 jam ituu… :)
Posisi kaki saya yang masih mengkangkang membuat saya melihat dengan jelas benang yang ditarik ketika dokter sedang menjahit. Gak krasa apa-apa memang, tapi kedengaran suaranya “srett…..srett….sreet….”, ngiluuuuu……. “ Berapa jahitan dok?”, si dokter Cuma jawab dengan enteng “di obras ini bu’”. Huhuhuhuhu…
Setengah jam si bayi udah nemuin putting, tapi belum mau ngenyot, hehehe… Karena proses jahit menjahit sudah selesai, bayi di bawa suster keluar dulu untuk dibersihkan. Selesai dibersihkan diberikan lagi ke suami untuk di azani. Bapak dan Ibu langsung masuk ke ruangan, cium peluk kembali terjadi. Bayi itu kami beri nama Aqeela Nayyara Salim. Aqeela artinya wanita bangsawan Islam yang berakal dan bersahaja, itu nama dari saya. Nayyara artinya bersinar, Mas Ahsan suka nama itu. Salim adalah nama belakang suami, yang artinya selamat. Nama panggilannya Qeyla.

Pukul 09.00
Saya sudah bisa ke toilet sendiri, udah bisa jalan-jalan sendiri, dan dipindah ke ruang inap.

Pukul 12.00
Bayi diberikan ke saya, masih kagok ketika menyusui, tapi bisa…horee…walaupun cuman sedikit, yang penting udah pinter nenen.

Alhamdulilahirobbil’alamin…begitulah critanya…. Semua doa dipenuhi oleh Allah SWT. Saya ingin lahir normal, dikasih. Saya ingin lahiran hari Ahad supaya bisa di temani suami dan orangtua, dikasih. Saya ingin rooming-in dengan bayi, dikasih. Pengen ASI eksklusif, dikasih ASI melimpah. Terimakasih saya khusus untuk Mas Ahsan, Ibu, Bapak, yang ngasi bermacam-macam amalan untuk kelancaran kehamilan dan persalinan..hehe.. terasa banget manfaatnya lhoo... dan untuk banyak sahabat yang senantiasa menguatkan dan memberi semangat. 
Mudah-mudahan Qeyla kelak menjadi pemikir, pemimpin, muslim moderat, sederhana, penyayang keluarga, dan mengutamakan pendidikan, aamiin... Saat ini usia Qeyla 20 bulan, Alhamdulillah…masih ASI eksklusif, gak minum susu formula sama sekali. Segala puji bagiMu Ya Allah.
Saat ini Bunda Ika dan Ayah Ahsan sedang belajar tentang Gentle Birth, pengennya….besok kelahiran kedua pake metode ini. Eh hamil aja belum yak, hihihihihi… InsyaAllah tahun depan pengen hamil lagi, doakannn… :)









0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates