Ruang Laktasi Kantorku







Ikut seneng rasanya ketika denger bahwa kantor saya, Komisi Pemilihan Umum Pusat Jakarta, sudah ada ruang laktasinya. Begitu denger itu, saya yang notabene bukan busui lagi, langsung nyamperin temen saya yang ibu perah untuk saya temani memerah di sana. Nah loh, padahal teman saya itu gak antusias amat, kenapa saya malah semangat begini yak, hihihi..

Entahlah, mungkin saking senengnya mengingat perjuangan saya sebagai ibu perah hampir 1,5 tahun yang lalu *tsaah.. mule lebay deh*. Di KPU sendiri banyak ibu-ibu perah lhoh.. Alhamdulillah ya, sesuatuuu.. sekali. Semakin banyak yang tersadarkan, semakin banyak ibu yang pinter memilih yang terbaik untuk anaknya, dan semakin banyak yang memberi cipratan semangat untuk bumil-bumil. Tapi sebelum ada ruangan laktasi ini, ibu-ibu perah di KPU memerahnya di tempat yang ala kadarnya. Saya sendiri mengalami pindah-pindah ruangan. Awalnya saya ke ruang pusdok. Cuman nyempil di belakang lemari besar berisi buku-buku, dan ndeprok (duduk dilantai) sambil meres. Lumayan aman.. karena di depan ada dua pegawai yang jaga meja “penerima tamu”. Wanita semua pula. Lagian ruangannya berkarpet gitu, jadi walaupun ndeprok tapi gak keliatan melas banget lah, heee.. Cuman masalahnya ruang pusdok itu di lantai 1 sedangkan saya di lantai 4. Sementara mobilitas saya buat meres bisa 3 kali dalam sehari. Males……. naek turunyaa.. :(

Lalu pindahlah saya di klinik KPU. Satu ruang itu ada 3 sekat. Sekat pertama untuk meja dokter dan “pasien” yang datang. Hanya di sekat dengan korden, sekat berikutnya berisi meja buat dokter dan pegawai lain, juga lemari untuk alat-alat kesehatan dan obat-obatan. Terus ada korden lagi, di sekat ke tiga ada tempat tidur untuk “pasien” dan kursi satu. Nah.. di sekat ketiga itulah menjadi tempat saya memerah ASI selanjutnya. Jadi kadang kalo pas orang-orang gak ngeh ada saya disitu, langsung maen sibak aja tuh korden. Palingan saya teriak “waaaaa….”, hihihi.. Etapi saya madepnya membelakangi korden lhoh.. jadi jangan bayangkan vulgar yak! 

Lama-lama saya disuruh pindah ke ruang pantry, ruang dapur di sebelah klinik. Disitu ada kulkas, ada dispenser, ada tempat tidur (lagi) yang gak kepake, ada kompor ada wajan, eh beneran ini. Jadi ya, kadang kalo pas saya meres, pas.. mbak Nur (OB di klinik) lagi goreng sesuatu, kadang masak sesuatu. Entah itu ASI saya bau-bau masakan gitu apa enggak yah. Tapi yang paling seneng, sering kami disuruh incip-incip masakan bikinan mbak Nur. Mayan lah.. habis meres kan laper.. kemasukan pisang goreng 2 biji ples gratis itu… sesuatu sekalih.
Diklinik itulah saya bertemu dengan teman setia saya ketika memerah. Dari yang awalnya gak kenal blas sama tuh orang, jadi sering G-Talk-an kalo pas waktunya meres. Maklum gak punya BB, jadi gak bisa BBM-an. >.<
“Yuk, kebawah”
“Udah aku tunggu nih di tangga”
“Aku udah di klinik nih… sendirian”
“Yuk, meres, udah sakit nih”
Ingatkah kau mak zonaaaaa……? Ah kenangan ituuu.. akan kubawa hingga ke Bandung ntar *beneran emak lebaaaayyy*.

Setelah ada tragedi “terusir” dari klinik, kami pindah ke ruang bekas staf ahli. Tapi ruangannya udah lama tak berpenghuni. Gak ada AC pulak. Mau masuk aja musti nglewatin lorong gelap, musti clunak clunuk dulu nyari saklarnya. Tapi untung ada jendelanya yang bisa kebuka. Terus kalo pas di ruang sidang utama lagi ada acara, kursi-kursi di ruang sidang di masukin ke lorong itu, jadilah kami gak bisa masuk. Kalo udah gitu, kami meresnya di ruang kecil entah dulunya ruang apa. Ruangan tertutup gitu,  gak ada ACnya. Itu ruang buat tempat helm dan jaket para pegawai yang bawa motor. Sauna bo’… puanasnyaaaa… L
Untungnya… per Desember 2011 Kasubag saya pensiun, jadilah ruangannya kosong. Alhamdulillah sekali… tinggal duduk manis, tutup pintu. Yah… walaupun ada aja interupsi cletukan-cletukan “nakal” dari temen-temen seruangan, tapi bodo’ amat, yang penting urusan meres lancarrrr… ^^.

And now.. sudah ada ruang khusus laktasi di KPU. Ruangannya sendiri bekas “kantor” UNDP (United Nations Development Programme). Ceritanya, temen-temen Hupmas itu banyak yang jadi ibu perah *hadduuh… produktif amat yak, hihihi*. Mereka kalo pas meres rame-rame  di ruang pusdok. Suatu hari *halagh*, ada anggota komisioner baru  sempet lihat, tapi gak lihat langsung lhoh yah. Maksudnya ngeh gitu “itu pada lagi ngapain?”. Tapi cuma sampai disitu doang, selanjutnya belum follow up apa-apa. Lalu tersebutlah seorang cowok yang bernama Anam* kok malah kayak cerita menjelang tidur*. Dia itu stafnya salah satu anggota KPU, pak Juri namanya. Si Anam cerita bla bla bla, intinya kasihan teman-teman KPU kalo mau memerah ASI kebingungan tempat. Eh kok ya ndilalah langsung direspon. Berangkat dari keprihatinan beliau dari masalah ini, akhirnya di ajukanlah nota dinas di Sekjen. Masih kata mas Anam, awal-awal Biro Umum masih menganggap angin lalu masalah ini. Tapi lama-lama ternyata di realisasikan. Dan taraaaa… jadilah ruangan laktasi baru ini. 




Ruangannya lumayan nyaman, ada ACnya, ada lemari es buat nyimpan ASIP, ada sofanya buat duduk dengan santai, ada TVnya, ada colokan buat yang pake pompa elektrik, ples ruangannya tertutup, bisa dikunci dari dalam. Ah.. senangnya lihat itu. Bersih, rapi, bikin mood memerah jadi relax. 

Semoga makin banyak kantor-kantor swasta dan kantor-kantor pemerintahan yang menyediakan ruang laktasi bagi ibu bekerja. Aturannya sudah ada.. PP No 33 Tahun 2012 mengatur semuanya. Di bab V nya juga sudah gamblang sekali. 

Hmmm.... Breastfeeding, It's worth fighting for ^^

2 komentar:

Abah mengatakan...

di kantor saya belom ada mba, busui masih suka pada minjem ruang rapat. :/

bundaika mengatakan...

Disyukuri aja mbak... masih banyak kok temen-temen saya di kantor lain yang memerahnya musti di toilet atau gudang, hiks, sedih ya.

Posting Komentar

Copyright 2009 coretanku. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates